6 Skill INI Sudah Cukup untuk Hidup! Gak Perlu Belajar yang Lain

Jadi, untuk bisa hidup sukses anak-anak kita tidak hanya butuh tahu minat dan bakatnya. Yang lebih penting daripada itu adalah kegigihan.

Karena sepandai apapun seseorang, jika dihadapkan pada suatu masalah, yang akan bekerja keras nantinya adalah kegigihannya itu. Bakat anak hanya akan menjadi instrumen yang mempermudah dia untuk mencari solusi.

Misalnya, saya kenal seseorang yang memiliki minat dalam menggambar desain baju yang mana dari kecil sudah suka dan pintar dalam jahit menjahit.

Dari kecil sudah pandai membuat prakarya yang ada kaitannya dengan kain dan jahit menjahit. Akhirnya kuliah ambil jurusan Tata Busana.

Minat ada, bakat juga ada. Tapi, jalan menuju cita-citanya untuk menjadi desainer itu yang cukup banyak tantangan. Jadi, kebetulan dia ini berasal dari keluarga yang finansialnya pas-pasan.

Untuk kuliah ambil jurusan Tata Busana, orangtuanya berpikir ngapain? Buang uang hanya untuk belajar jahit. Kursus jahit aja di LKP atau BLK sudah bisa jadi penjahit.

Tapi, di sini anaknya tidak mau menyerah. Dia janji sama orangtuanya untuk membiayai kuliahnya sendiri, tapi untuk uang gedung pertama dia minta bantuan dari orangtuanya.

Akhirnya, orangtua setuju. Dan, memang kenyataan di bangku kuliah tidak semudah yang dia bayangkan. Dia dapat beasiswa, tapi uang beasiswa itu selalu telat turunnya sedangkan biaya kuliah harus dibayarkan dengan tepat.

Bahkan dia sempat menangis dan memohon-mohon di depan kantor dosen dan rektor agar mendapatkan kemudahan.

Selanjutnya, dia cari uang dengan cara menjual baju-baju hasil desainnya sendiri. Dan, akhirnya sekarang luar baisa. Penjualan gaun muslimahnya ini omsetnya bisa mencapai ratusan juta per bulan.

Anda bisa kunjungi akun instagram https://www.instagram.com/puthic.id/

Dan, lihatlah prestasinya sekarang. Bagaimana mungkin seseorang yang tidak memiliki kegigihan bisa mencapai hal tersebut sedang dia berjuang dari nol dengan berbagai macam kesempitan.

Nah, sekarang saya akan share beberapa skill yang bisa jadi bekal untuk anak Anda. Bahkan tanpa belajar yang lain, saya yakin dia tetap bisa bertahan hidup.

Jadi selain kegigihan, Anda perlu memberikan 6 bekal hidup (LITERASI) berikut.

Literasi menurut KBBI yaitu kemampuan individu dalam mengolah suatu informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup; pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu dan penggunaan huruf untuk merepresentasikan bunyi atau kata.

Adapun literasi yang perlu dimiliki tiap anak antara lain;

1. Literasi BACA TULIS – Kemampuan memahami isi teks tertulis, baik yang tersirat maupun tersurat. Ini juga dibutuhkan untuk menuangkan ide dan gagasan.

2. Literasi NUMERASI – Kecakapan menggunakan angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari.

3. Literasi SAINS – Memahami fenomena alam dan sosial di sekitar kita. Dengan literasi ini diharapkan anak dapat mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah untuk hidup lebih aman dan sehat.

4. LIterasi FINANSIAL – Pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, risiko dan keterampilan dalam bidang finansial.

5. Literasi DIGITAL – Dibutuhkan untuk memperoleh atau menyaring informasi yang tak terbendung datangnya melalui sarpras teknologi dan informasi.

6. Literasi BUDAYA & KEWARGANEGARAAN – Kemampuan memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, mencakup kemampuan individu dan masyarakat akan keberagaman suku, bahasa, adat istiadat dan kepercayaan dll.

Ada yang ingin menambahkan atau ingin diskusi dengan saya terkait hal ini? Bisa chat WhatsApp otomatis dengan cara klik link di bawah ini.

>> Konsultasi via WhatsApp <<