5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak Agar Makin Tokcer

cara meningkatkan kecerdasan otak untuk anak
cara meningkatkan kecerdasan otak untuk anak

Sama seperti otot, otak kita pun bisa membesar dan menjadi kuat jika terbiasa dilatih.

Otak yang jarang digunakan, tidak mendapat stimulasi serta tidak mendapat asupan gizi cukup, maka kinerjanya takkan baik.

Semua manusia yang lahir diberikan hadiah oleh Tuhan berupa otak yang terdiri atas 1 triliun sel otak.

Dari 1 triliun sel otak ini, terdapat 100 miliar sel otak aktif dan 900 miliar sel otak pendukung. Semua jumlahnya sama, tidak ada yang lebih apalagi kurang.

Jumlah sel otak yang sedemikian banyaknya, seharusnya membuat manusia memiliki POTENSI LUAR BIASA.

Tapi, kenapa pada kenyataannya tidak demikian?

Konon, dari jumlah populasi manusia di dunia, hanya 2% saja yang mampu memanfaatkan potensi otaknya yang luar biasa ini.

Ternyata, jumlah sel otak yang banyak tidak menentukan kecerdasan seseorang.

Kecerdasan dan kemampuan kita dalam mengenali potensi hebat dalam diri ditentukan oleh seberapa banyak koneksi yang bisa terjadi di antara masing-masing sel otak.

Tiap sel otak manusia memiliki kemungkinan koneksi antara 1 hingga 20.000 koneksi. Bayangkan, betapa hebat dan luar biasanya potensi yang sebenarnya kita miliki.

Lalu, bagaimana kita bisa menciptakan banyak koneksi antar sel otak?

Caranya, ya kita gunakan otak kita. Kita latih untuk berpikir, menganalisis, mengevaluasi, distimulasi dan diberikan makanan yang tepat.

Bukan sekedar belajar dan berpikir ya, tapi belajar yang menggunakan arti.

Kalau sekedar membaca, lalu lupa dengan apa yang kita baca, artinya kita tidak memberikan makna pada apa yang kita pelajari. Akhirnya, koneksi antar sel tidak terbentuk.

Tapi, apabila kita mau belajar sembari memberikan arti alias mempelajari dan memahaminya secara sungguh-sungguh, terbentuklah koneksi antar sel tersebut.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Semakin berat kerja otak, semakin besar asupan oksigen dan glukosa yang dibutuhkan. Jika jumlah oksigen dan glukosa dalam darah sangat minim, kita bisa menjadi lelah dan mengantuk.

Kondisi lelah dan mengantuk, tentu saja membuat kerja otak tidak optimal. Nah, untuk membuat kerja otak anak dan otak kita sendiri menjadi optimal, berikut adalah cara yang bisa Anda terapkan.

cara meningkatkan kecerdasan otak anak
cara meningkatkan kecerdasan otak anak

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Glukosa

Makanan yang mengandung glukusa, khususnya buah akan sangat membantu anak-anak untuk berpikir fokus.

Seperti kendaraan yang membutuhkan bahan bakar untuk bergerak, otak kita pun perlu asupan oksigen dan glukosa cukup agar bisa bekerja.

2. Minum Air dalam Jumlah Tepat

Selain glukosa dan oksigen, kita juga perlu mengonsumsi air yang cukup.

Otak kita terdiri atas 72-78% cairan

Maka, cara paling tepat untuk menjaga kesehatan otak adalah mengonsumsi air dalam jumlah yang tepat.

Jumlah air yang cukup pun akan membantu paru-paru kita dalam proses mentransfer oksigen ke dalam aliran darah. Air yang saya maksud di sini adalah air putih ya, bukan soft drink, kopi, teh maupun susu.

Jadi, supaya anak-anak bisa lebih fokus, semangat dan mudah menangkap informasi baru saat belajar, pastikan mereka mengonsumsi air yang cukup.

3. Jangan Terlalu Banyak Makan

Jika perut terlalu kenyang, akan ada banyak darah yang terkonsetrasi untuk membantu proses pencernaan. Hasilnya, suplai darah ke otak jadi berkurang. Akibatnya, kita jadi ngantuk.

Selain itu, jika dalam kondisi terlalu kenyang apalagi makakan utama kita adalah nasi yang notabene tinggi karbohidrat, hal ini akan mengakibatkan kadar gula darah naik.

Akibatnya, kita juga akan mudah mengantuk. Kalau ngantuk, informasi baru akan sulit diterima oleh otak.

4. Banyak Gerak

Cara meningkatkan kecerdasan otak juga bisa dilakukan dengan cara banyak bergerak. Bergerak di sini tidak harus olahraga rutin.

Karena terkadang anak-anak kita sudah lelah dengan kegiatan keseharian, maka mereka akan jadi malas untuk berolahraga.

Kita bisa mengajak anak mendengarkan musik, lalu menari bersama. Kita bisa mengajak mereka bermain petak umpet atau permainan lain yang membuat mereka bergerak.

Saat weekend, Anda bisa mengajak anak bergabung dengan klub olahraga atau komunitas tertentu yang membuatnya aktif bergerak.

Jika Anda menginginkan olahraga yang simple dan tidak banyak mengeluarkan biaya, ajaklah anak untuk jogging di pagi atau sore hari berkeliling kompleks serta bersepeda santai.

Intinya, biarkan anak leluasa bergerak, menghirup udara di luar ruangan yang segar sebanyak mungkin dan biarkan tubuhnya terpapar sinar matahari yang hangat.

Manfaat dari kegiatan fisik di luar rumah antara lain;

  • menurunkan resiko jantung koroner
  • menurunkan resiko kanker usus
  • meningkatkan kebahagiaan
  • menghindarkan dari stres
  • terhindar dari perasaan tertekan

5. Gunakan Otak Anak

Cara meningkatkan kesehatan otak anak adalah gunakan dan tantanglah otak mereka.

Otak memiliki sistem kerja seperti otot. Jika tidak pernah dilatih, otot akan mengecil dan tidak mampu bekerja secara optimal.

Sama dengan otak kita, semakin sering digunakan dan dilatih, maka ia akan semakin kuat dan berkembang.

Lalu, bagaimana cara menantang dan memanfaatkan otak? Perbanyaklah aktivitas berpikir;

  • mengerjakan teka-teki silang
  • bermain catur
  • membaca
  • menulis
  • menganalisis
  • berdiskusi
  • menggali ide

6. Makanan untuk Mencerdaskan Otak

cara meningkatkan kecerdasan otak
cara meningkatkan kecerdasan otak

Meningkatkan kecerdasan otak anak tak hanya soal melakukan aktivitas tepat dan memberi gizi cukup.

Sebagai orangtua, kita perlu menyediakan lingkungan belajar yang membuat mereka tertarik untuk belajar. Kemauan belajar harus datang sendiri dari dalam diri anak.

Sekolah di Indonesia seringkali fokus pada kurikulum dan nilai anak. Bagaimana lingkungan belajar dan proses penyampaian materi belajar tidak pernah diperhatikan.

Hasilnya, sekalipun kurikulum dan penentuan kelulusan selalu diperbaiki, kemampuan anak kita tak pernah jadi lebih baik.

Kalau Anda ingin belajar lebih banyak bagaimana menyiapkan lingkungan belajar tepat hingga dan membuat anak mau belajar tanpa diminta maupun diperintah, silahkan pelajari tips-triknya dalam eBook MEMBUAT ANAK GILA BELAJAR!

Klik gambarnya untuk membaca detil isi eBook ini.

ebook membuat anak gila belajar