Begini Bentuk Legalitas Homeschooling, Bisa Lanjut Kuliah Kok!

Bagaimana bentuk legalitas Homeschooling? Apakah homeschooling LEGAL? Apakah anak homeschooling bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi seperti anak sekolah?

Pendidikan Homeschooling dijamin Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pasal 27

(1) Kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar yang mandiri.

(2) Hasil pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diakui sama dengan pendidikan formal dan nonformal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan.

(3) Ketentuan mengenai pengakuan hasil pendidikan informal sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah.

Jalur Pendidikan

Jalur pendidikan di Indonesia terdiri atas 3 macam;

  • Formal = sekolah
  • Nonformal = kursus, pendidikan kesetaraan
  • Informal = keluarga, masyarakat

Homeschooling termasuk dalam pendidikan informal.

Anak lulusan homeschooling diakui dan dianggap setara dengan peserta didik hasil pendidikan formal atau nonformal.

Kesetaraan yang dimaksud meliputi pengaruh, fungsi dan kedudukannya antara jalur pendidikan formal, nonformal atau informal.

Peraturan Mendikbud tentang Sekolah Rumah

Ketentuan lebih lengkap dan detil diatur dalam Permendikbud tentang homescholing no129 Tahun 2014.

Berdasarkan Perpu ini, Sekolah Rumah adalah proses layanan pendidikan yang secara sadar dan terencana dilakukan oleh orangtua/keluarga di rumah atau tempat-tempat lain dalam bentuk tunggal, majemuk dan komunitas dimana proses pembelajaran dapat berlangsung dengan suasana kondusif dengan tujuan agar setiap potensi peserta didik yang unik dapat berkembang secara maksimal.

  • Sekolah Rumah Tunggal adalah layanan pendidikan berbasis keluarga yang dilaksanakan oleh orangtua dalam satu keluarga untuk peserta didik dan tidak bergabung dengan keluarga lain yang menerapkan sekolah rumah tunggal lainnya.
  • Sekolah Rumah Majemuk adalah layanan pendidikan berbasis lingkungan yang diselenggarakan oleh orangtua dari dua atau lebih keluarga lain dengan melakukan satu atau lebih kegiatan pembelajaran bersama dan kegiatan pembelajaran inti tetap dilaksanakan dalam keluarga.

Berdasarkan tiga pengertian ini, kami menyimpulkan bahwa homeschooling bukanlah lembaga atau institusi.

Saat ini banyak bermunculan lembaga yang menamai dirinya Homeschooling ‘A’ atau ‘B’. Mereka bertanggung jawab atas proses belajar anak, sama persis seperti sekolah formal.

Hanya saja lembaga ini memberikan keleluasaan bagi peserta didik untuk memilih mata pelajaran yang ingin diperdalam dan jadwal sekolah. Sehingga, sebutan tepat bagi lembaga ini bukanlah homeschooling. Melainkan, Flexischool.

Jika dilihat dari segi Jalur Pendidikan;

  • Homeschooling termasuk pendidikan informal
  • Lembaga/institusi termasuk pendidikan nonformal

Untuk membaca detil Legalitas Homeschooling serta memahami dasar hukum homeschooling, Anda bisa mendonwload Permendikbud No. 129/2014 dengan cara >> KLIK DI SINI.

Eksistensi dan keberadaan homeschooling sudah diatur dalam Undang-undang dan Peraturan Pemerintah. Artinya, Anda sebagai orangtua tidak perlu khawatir dengan masa depan pendidikan anak-anak Anda.

Legalitas homeschooling sudah dijamin oleh undang-undang dan memiliki kesetaraan dengan pendidikan formal.

Anak homeschooling bisa lanjut ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. Atau jika proses homeschooling berhenti di tengah jalan, mereka pun bisa pindah ke sekolah formal.

Selanjutnya, bagaimana dengan proses ujian kesetaraan anak homeschooling? Yuk, belajar lagi mengenai >> BAGAIMANA MENDAPATKAN IJAZAH HOMESCHOOLING.


***Jika Anda tertarik dengan homeschooling, tapi masih ragu dalam memulainya serta bingung bagaimana menjalankannya, Anda bisa ikuti program Pelatihan Homeschooling yang kami selenggarakan tiap bulan di kota-kota besar di Indonesia.

Untuk membaca materi apa saja yang akan disampaikan dan diajarkan oleh Konsultan Homeschooling, silahkan klik >> LIHAT MATERI PELATIHAN <<

Untuk menanyakan jadwal Pelatihan Homeschooling terbaru atau konsultasi, silahkan klik tulisan di bawah ini.

>> Daftar Pelatihan Homeschooling dan Konsultasi <<