BAHAYA! Kebanyakan Main Game Bisa Menurunkan IQ

Ada emak-emak yang khawatir kalau anaknya terlalu sering main game online. Sampai akhirnya, tiap kali anaknya pegang gadget dan mulai ngegame, emaknya ngomel gak karuan.

Bahkan merebut gadget si anak kemudian melarang mereka memainkannya. Padahal yang pertama kali mengenalkan gadget kepada si anak kan emaknya sendiri ya.

Jadi, saran saya sebelum memberikan sesuatu kepada anak kita perlu cek kesiapan diri kita masing-masing. Apa resiko dari memberikan gadget kepada anak, kemudian kita perlu cari solusi dan bertanggung jawab kalau misalnya gadget membawa dampak buruk pada kebisaan anak kita. Bukan hanya sekedar menyalahkan gadget nya saja.

Lalu, apakah benar kalau game online itu bisa menurunkan IQ seorang anak kalau terlalu sering dimainkan? Jawabannya tergantung cara pemakaian, tergantung game apa yang dimainkan dan anak Anda itu tipe gamer yang seperti apa?

Game online itu ada yang menantang, ada yang membutuhkan strategi dan taktik sehingga hal itu justru mampu meningkatkan tingkat kefokusan anak-anak kita. Dan, energi konsentrasi atau tingkat kefokusan yang biasa anak dapatkan saat bermain game online itu bisa dialihkan ketika anak Anda sedang belajar memahami informasi baru.

Caranya bagaimana? Buat suasana belajar yang menantang, ada reward, ada punishment dengan suasana atau alur belajar yang mirip dengan game online yang dimainkan anak Anda. Game Online yang sering dimainkan anak yang penuh dengan strategi dan taktik.

Biasanya, anak cowok nih yang suka dengan permainan penuh strategi dan taktik seperti ini. Tapi, kalau anak perempuan biasanya main permainan yang lebih kalem, lebih cantik, tidak ada tantangannya sama sekali, tapi mereka memainkannya itu hanya untuk release stresnnya. Untuk mendapatkan hiburan atau sekedar mengisi waktu luang, bukan untuk mencari tantangan.

Nah, game yang dimainkan anak perempuan ini biasanya tidak mampu meningkatkan fokus karena mereka memainkannya sambil lalu. Mereka hanya mengikuti instruksi dan mengalir begitu saja permainannya.

Berbeda dengan anak laki-laki yang mana permainannya itu biasanya mereka dituntut untuk menemukan cara-cara inovatif dan kreatif.

Jadi, emak dan bapak di luar sana jangan khawatir apakah game online itu akan menurunkan IQ anak atau tidak. Tergantung beberapa faktor itu tadi ya, cara pemakaian,  game apa yang dimainkan dan anak Anda itu tipe gamer yang seperti apa?