Pengertian Homeschooling dan Tips Memulainya Dibahas Lengkap di Sini

Berikut adalah rangkuman Seri Pembelajaran Bab 1 mengenai Apa itu Homeschooling (Pengertian Homeschooling).

  1. Pengertian Homeschooling adalah metode pendidikan alternatif dimana keluarga memilih untuk mendidik anaknya secara mandiri di rumah.
  2. Tiap keluarga memiliki alasan dalam memilih homeschooling. Alasan ini sering dikaitkan dengan tujuan pendidikan keluarga. Seperti, orangtua ingin anaknya menjadi penghafal Al Quran atau mendalami bakatnya.
  3. Jika memilih homeschooling, orangtua harus siap menjadi berbeda ketimbang keluarga lain yang lebih banyak memilih sekolah formal.
  4. Penting bagi orangtua untuk mengetahui dan menetapkan dengan jelas tujuan homeschooling. Sebab tujuan akan menjadi acuan Anda dalam menetapkan kebijakan pendidikan anak.
  5. Sistem pendidikan homeschooling antara lain; mengeluarkan potensi anak, menjadikan orangtua sebagai teladan, memperdalam ketrampilan melalui pelatihan, mengikuti rasa ingin tahu anak dan melakukan evaluasi proses homeschooling secara periodik.
  6. Homeschooling bisa mendapatkan ijazah dengan mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK).
  7. Homeschooling bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta menggunakan Ijazah Paket C. Atau mengikuti Ujian Cambridge untuk kuliah ke luar negeri.
  8. Homeschooling di Indonesia lebih banyak diartikan sebagai lembaga/institusi. Padahal, homeschooling merupakan pendidikan bebasis keluarga dan menggunakan rumah sebagai titik berangkat. Lembaga/institusi tersebut lebih cocok disebut flexischool yang fleksibel secara waktu dan mata pelajaran.
pengertian homeschooling
pengertian homeschooling

Tips Memulai Homeschooling

Jika Anda tertarik dengan ide homeschooling, kemudian muncul keinginan untuk menerapkannya pada keluarga Anda, sebaiknya baca dulu tips berikut.

  1. Jangan mengikuti tren! Pastikan Anda memiliki visi pendidikan keluarga yang jelas, memahami makna dan resiko homeschooling serta siap menjalaninya dalam jangka panjang.
  2. Cari tahu alasan Anda menyukai ide homeschooling. Kenapa Anda tak menyekolahkan anak, kenapa tak mencari alternatif pendidikan lain, tapi lebih memilih homeschooling.
  3. Jika keputusan homeschooling telah bulat, pastikan Anda dan pasangan memiliki pengetahuan cukup mengenai homeschooling. Ketahui ketrampilan apa yang dibutuhkan, kemudian perkuat hubungan internal keluarga.
  4. Perbanyak membaca artikel atau buku homeschooling, sharing dengan praktisi homeschooling mengenai proses homeschooling yang mereka jalankan.
  5. Bicarakan dengan pasangan mengenai; visi pendidikan keluarga, harapan Anda untuk pendidikan anak, alasan memilih homeschooling dan bagaimana gambaran homeschooling yang ingin Anda terapkan. Buatlah rumusannya bersama pasangan.
  6. Jika visi dan misi homeschooling telah jelas, Anda pun telah sepakat dengan pasangan bagaimana langkah-langkah meraih pendidikan anak, maka keluarga Anda akan makin mudah menyusun ide kegiatan belajar. 
  7. Pelajari bagaimana caranya mengajar. Jangan sekedar jago matematika. Yang paling penting adalah Anda mampu mentransfer ilmu dan membantu anak memahami materi dengan mudah.
  8. Tiap kali mengajar, buatlah tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendeknya, ‘Saya ingin Zaki memahami cara menggunakan kamus’. Jangka panjangnya, ‘Saya ingin Zaki mahir berbahasa Inggris’.
  9. Buatlah perencanaan keuangan untuk pendidikan anak. Homeschooling memang terlihat murah, tapi kenyataannya banyak praktisi homeschooling yang tidak membuat anggaran khusus dan asal dalam menggelontorkan pengeluaran.
  10. Susunlah materi belajar, siapkan perangkat pembelajaran (alat peraga) dan buat alokasi waktu secara tepat sebelum memulai proses belajar. Jika Anda tak lakukan ini, Anda bisa kesulitan mengatur waktu.
  11. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan, ‘bagaimana sosialisai anak?’ Jadi, jangan lupa untuk mengikutsertakan anak dalam klub olahraga, pramuka atau bergabung dengan komunitas homeschooling.

Apabila saat ini Anda mempunyai anak usia bawah 5 tahun, cobalah untuk mengadaptasi ide-ide homeschooling kepadanya.

Kesempatan ini akan memperkuat peran Anda dan keluarga dalam pendidikan anak.

Juga akan membiasakan dan memperkuat keyakinan, apakah ke depannya di usia sekolah nanti Anda bisa menerapkan homeschooling untuk anak.

Oleh sebab itu, kami siapkan konten khusus mengenai HOMESCHOOLING ANAK USIA DINI.


***Jika Anda tertarik dengan homeschooling, tapi masih ragu dalam memulainya serta bingung bagaimana menjalankannya, Anda bisa ikuti program Pelatihan Homeschooling yang kami selenggarakan tiap bulan di kota-kota besar di Indonesia.

Untuk membaca materi apa saja yang akan disampaikan dan diajarkan oleh Konsultan Homeschooling, silahkan klik >> LIHAT MATERI PELATIHAN <<

Untuk menanyakan jadwal Pelatihan Homeschooling terbaru, silahkan klik ikon WhatsApp di bawah ini.

konsultasi HS